Mata Kuliah

: Bahasa Indonesia

Kode Mata Kuliah

: PDU 1114

Dosen

: 1. Megawati, S.Pd.Gr., M.Pd.

2. Try Wahyuni, M.Pd.

Semester

: 1 (Ganjil)

SKS, Jam per minggu

: 2 (2-0)/ K: 2(2x50’) + P: 100’

Tempat Perkuliahan

: Daring



1. Manfaat Mata Kuliah: Mata kuliah umum (MKU) Bahasa Indonesia bertujuan untuk memberi pengetahuan atau pemahaman yang mendalam tentang sejarah, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, serta kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah sehingga mahasiswa dapat menerapkan kaidah tersebut dalam setiap penggunaan bahasa Indonesia. Dengan demikian, setelah mengikuti perkuliahan MKU Bahasa Indonesia ada tiga manfaat yang diperoleh mahasiswa yakni, (a) pemahaman terhadap kaidah bahasa Indonesia, seperti PUEBI, kalimat efektif, dan penyusunan paragraf yang padu; (b) pelatihan secara intensif kaidah penggunaan bahasa Indonesia laras ilmiah; dan (c) terampil dan bersikap positif dalam penggunaan kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah.

2. Deskripsi Perkuliahan: Memberikan pemahaman dan teori mendasar tentang bahasa Indonesia yang meliputi konsep sejarah bahasa Indonesia, kedudukan bahasa Indonesia, ragam bahasa Indonesia, kaidah penulisan huruf kapital,kaidah penulisan huruf miring, kaidah penulisan kata dan istilah,penulisan unsur serapan, ejaan bahasa Indonesia, kaidah pemakaian tanda baca, kalimat efektif, paragraf dan permasalahnya, menulis resensi, pidato, karakteristik karya ilmiah, menulis karya ilmiah, menulis surat lamaran kerja.

3. Capaian pembelajaran Mata kuliah: Mahasiswa memiliki pemahaman terhadap sejarah, fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia, serta kaidah bahasa Indonesia laras ilmiah, yang meliputi tata ejaan, kalimat, dan paragraf, serta dapat menerapkan kaidah tersebut dalam penggunaanya secara baik dan benar.